Beranda NEWS MOMENT Presiden Joko Widodo Angkat Bicara Terkait Penyaluran & Pemanfaatan Dana Desa

Presiden Joko Widodo Angkat Bicara Terkait Penyaluran & Pemanfaatan Dana Desa

1053

bioz.tv – Demi penigkatan pembangunan dan perekonomian di desa, Presiden Joko Widodo menekankan agar penyaluran dana desa tahun ini berjalan lebih  baik dari tahun sebelumnya. Selain itu pemanfaatannyapun juga di tekankan agar digunakan sebaik mungkin demi pemerataan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pada penyaluran dana desa tahun 2016 kemarin diketahui ada 4 kabupaten / kota yang dana desanya tidak bisa dicairkan dari rekening kas umum Negara ke kas umum daerah, karena adanya keterlambatan di pemerintahan kabupaten kota. Selain itu pada tahun 2016 juga ada 241 desa yang belum menerima dana desa Karena berbagai factor. Akibatnya proses pembangunan di desa tidak berjalan dengan baik.

Sementara itu Presiden Joko Widodo mengemukakan, Berdasarkan data yang diterima presiden, persentase kemiskinan di pedesaan tercatat 13,96 persen, hampir dua kali lipat persentase penduduk miskin di kota, yaitu sebesar 7,7 persen. Untuk itu, pemerintah akan terus meningkatkan alokasi Dana Desa agar memberikan manfaat bagi warga di desa, terutama pada penurunan jumlah penduduk yang miskin.

Lebih lanjut Presiden juga menerangkan bahwa Sesuai data Pada tahun 2015, diketahui bahwa  telah dialokasikan dana desa sebesar 20,7 triliun rupiah, Sedangkan pada tahun  2016 dialokasikan sebesar 46,9 triliun rupiah , dan pada tahun 2017 pemerintah menyalurkan Dana Desa sebesar Rp 60 triliun. Dari data tersebut diketahui bahwa alokasi dana desa dari tahun ke tahun terus ditingkatkan demi pemerataan pembangunan dan peningkatan perekonomian yang lebih baik.

https://youtu.be/gjMq__Uy7Ko