Beranda NEWS MOMENT Diterjang Banjir Rob, Sejumlah Warung Di Kawasan Pantai Pesisir Trenggalek Porak Poranda

Diterjang Banjir Rob, Sejumlah Warung Di Kawasan Pantai Pesisir Trenggalek Porak Poranda

98

TRENGGALEK, bioztv.id – Banjir rob kembali terjang kawasan pantai pesisir selatan Trenggalek, sejumlah kios dan warung milik warga terpaksa harus tutup untuk sementara waktu. Bahkan akibat derasnya terjangan banjir musiman ini, beberapa kios yang ada di kawasan pantai tersebut juga mengalami kerusakan.

Menurut keterangan salah satu pedagang di kawasan Pantai Konang Kecamatan Panggul kaupaten Trenggalek, Makaren menyampaikan, Kejadian banjir rob di lokasi ini sudah terjadis ejak hari selasa kemarin, atau H+3 lebaran. Banjir ini merupakan banjir musiman yang biasanya terjadi setiap 4 tahun sekali. Air laut naik kepermukaan hingga mencapai 50 meter dari bibir pantai, bahkan air masuk hingga ke warung warga dengan ketinggian di atas mata kaki orang dewasa.

Sementara itu Kapolsek Panggul, Iptu Budhi Hartoyo juga menyampaikan, sejak terjadi banjir rob ini sejumlah nelayan yang ada di Kecamatan Panggul memilih untuk libur melaut, pasalnya, saat ini ombak cukup besar dan bisa membahayakan keselamatan ,ereka. Kapolsek juga menghimbau agar masyarakat panggul khususnya warga yang tinggal di dekat kawasan pantai Konang agar tidak pergi ke pantai selama gelombang masih tinggi.

Perlu diketahui bahwa, ombak besar musiman yang mengakibatkan luapan banjir ini biasanya terjadi selama satu minggu. Meluapnya air laut terjadi saat pagi hari hingga siang hari, yaitu sekitar Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB. Selanjutnya air laut akan berangsur mulai surut.