Dibanderol 55 Ribu/Kg, Durian Ripto Masih Jadi Idola di Trenggalek, Pembeli Harus Pesan Dulu

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Durian jenis ripto masih menjadi idolanya varietas lokal Trenggalek yang diburu para penggemar dari berbagai kota. Meski saat ini sudah memasuki musim panen, untuk bisa mendapatkan durian ripto tetap harus memesannya terlebih dahulu. Karena durian jenis ini biasanya sudah ada yang memesan sejak dari pohon.

Pada musim panen durian tahun ini, ribuan jenis varietas lokal selalu diburu para penggemar durian. Dalam setiap harinya, ada puluhan kendaraan pengangkut durian yang membawa durian Trenggalek keluar daerah. Diantaranya ada yang dibawa ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Semarang, Wonosobo, Surabaya, dan berbagai kota lain di pulau Jawa. Dari ribuan jenis durian varietas lokal, hanya ada beberapa varietas saja yang sudah memiliki nama. Seperti halnya, Durian Ripto, Kunir, Ginem, Gewol, dan lain sebagainya. Varietas yang sudah memilik nama ini tentunya memiliki harga jual yang lebih tinggi dari durian varietas lokal lainnya. Dari sejumlah varirtas lokal yang sudah memiliki nama dan sudah dikenal secara Nasional adalah Durian Jenis Ripto. Durian ini masih menjadi idola yang selalu diburu penggemar hingga luar pulau.

salah satu pedagang durian, Yani Prasongko menyampaikan, Pada Musim panen Tahun ini, durian jenis Ripto buahnya tidak terlalu maksimal. Sehingga jumlah buahnya juga tidak terlalu banyak. Untuk bisa mendapatkan durian ripto, pembeli harus memesannya terlebih dahulu. Untuk harganya, durian jenis ripto ini dibanderol dengan harga 55 Ribu Rupiah per kilogramnya. Durian ini menjadi satu satunya jenis durian varietas lokal termahal di Kabupaten Trenggalek.

Yani juga menambahkan, musim panen durian di Trenggalek ini sudah ebrlangsungs ejak bulan Maret 2023 lalu. Puncak  musim panen durian di Trenggalek ini diperkirakan terjadi pada bulan 6, atau bulan Juni. Namun untuk musim panen buah durian diperkirakan masih akan berlangsung hingga bulan 9, atau bulan September 2023.