Festival Durian Internasional di Trenggalek, Warga Asyik Berebut Gunungan Tumpeng Durian

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Festival Durian Internasional di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menarik ratusan pengunjung dari berbagai wilayah. Acara ini merupakan wujud syukur petani atas hasil panen durian tahun ini sekaligus menjadi upaya mengenalkan durian Trenggalek kepada masyarakat. Ratusan Warga juga antusias berebut tumpeng durian yang dibagikan gratis.

Kegiatan Festival durian international ini diselenggarakan di Desa Wisata Durensari, Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, pada hari Minggu (21/4/2024). Acara ini merupakan wujud syukur petani atas hasil panen durian tahun ini.

Festival ini diawali dengan arak-arakan tumpeng durian menuju Wisata Watu Lawang Desa Sawahan. Sesampainya di lokasi, tumpeng durian dipotong oleh tokoh adat dan dilanjutkan dengan penanaman biji durian oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Festival dilanjutkan dengan membagikan ribuan buah durian yang telah disusun menjadi tumpeng raksasa kepada masyarakat. Untuk menjaga keamanan, panitia telah membagikan kupon untuk ditukarkan durian.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, alias Mas Ipin turut berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan festival durian ini. Rencana awal, kegiatan ini diselenggarakan pada  waktu Ramadan kemarin. Tapi karena panen raya duriannya bertepatan Ramadan, akhirnya baru bisa dilaksanakan 21 April ini.

“Tapi alhamdulillah tetap bisa berjalan dengan lancar. Terimakasih juga atas support dari pemerintah provinsi, sponsor swasta, dan masyarakat tentunya,” ujar Mas Ipin.

Lebih dari seribu durian dibagikan gratis kepada pengunjung. Untuk menjaga keamanan, panitia telah membagikan kupon yang ditukarkan dengan durian.

Salah satu pengunjung, Flowerenza Fara Ardia, mengaku senang dengan acara ini. Festival durian yang semeriah ini didaerahnya merupakan yang pertama kalinya digelar. Sehingga ia sangat bangga bisa menyaksikan langsung kegiatan ini. Terlebih ia juga mendapat satu buah durian yang dibagikan gratis oleh panitia.

“Tahun kemarin juga ada tapi tidak semeriah ini. Acaranya kali ini seru banget, mantap banget,” ungkap Flowerenza.

Bupati Trenggalek berharap Festival Durian Internasional ini dapat meningkatkan produktivitas durian dan menarik minat masyarakat terhadap durian asal Trenggalek. Festival durian internasional ini juga menjadi upaya mengenalkan durian Trenggalek kepada masyarakat. Sehingga kedepannya semakin banyak warga yang suka dengan durian asal Trenggalek.

“Festival Durian Internasional, merupakan wujud syukur hasil panen dari hutan durian Trenggalek, yang merupakan hutan durian terbesar se Asia,” pungkas Mas Ipin. (CIA)