Musim Penan, Harga Durian Varietas Lokal di Trenggalek Mulai 10 Ribuan

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Memiliki hutan durian terluas se Asia Tenggara, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menjadi surganya berburu aneka durian lokal. Saat musim panen seperti saat ini, harga durian di Trenggalek juga terbilang cukup terjangkau. Bahkan, dengan modal uang sepuluh ribu saja sudah bisa menikmati buah durian varietas lokal.

Menurut salah satu pedagang durian asal Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, buah durian merupakan buah yang musiman. Namun tidak setiap tahun bisa musim. Karena musim durian tergantung dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca lebih banyak hujan, maka durian bisa gagal berbuah. Sedangkan jika musim hujan sedikit dan lebih banyak kemaraunya maka durian bisa berbuah dengan baik. Pada Tahun 2023 ini musim durian di Trenggalek dinilai cukup bagus. Sejak bulan Maret 2023 lalu, buah durian sudah ada yang mulai panen.

Lebih lanjut salah satu pedagang durian, Yani Prasongko menjelaskan, saat musim panen seperti saat ini harga grosir durian varietas lokal Trenggalek mulai dari 10 ribuan hingga 35 ribuan rupiah saja. Harga itu tergantung dari ukuran dan kualitas durian. Jika ukuran durian besar tentunya harganya akan lebih mahal. Selain ada durian varietas lokal, berbagai durian jenis montong dan varietas non lokal lain juga ada di Trenggalek.

Yani juga menambahkan, meski saat musim panen kali ini kondisi durian di Trenggalek cukup melimpah, namun pihaknya tidak pernah kebingunan untuk menjualnya. Karena, dalam setiap harinya permintaan dari berbagai kota terus berdatangan. Diantaranya dari Jawa Barat, Jawa