ADWI 2022, Kemenparekraf RI Ganjar Desa Wisata Pandean Trenggalek Juara Harapan 1

oleh
oleh
ADWI 2022, Kemenparekraf RI Ganjar Desa Wisata Pandean Trenggalek Juara Harapan 1
ADWI 2022, Kemenparekraf RI Ganjar Desa Wisata Pandean Trenggalek Juara Harapan 1

TRENGGALEK, bioztv.id – Setelah lolos masuk 50 besar desa wisata terbaik pada event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, Desa wisata Pandean, Kabupaten Trenggale kembali diganjar penghargaan. Pada malam puncak ADWI, desa wisata pandean kembali raih prestasi sebagai juara harapan 1 kategori desa wisata berkembang.

Malam puncak ADWI tahun 2022 ini digelar pada, 30 Oktober 2022 di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf RI. Tahun ini, event ADWI ┬ámengusung tema “Dari desa untuk Indonesia bangkit”. Berkat kegigihannya dalam berinovasi, Desa Wisata Pandean yang merupakan satu satunya perwakilan dari Kabupaten Trenggalek terbukti mampu tunjukkan prestasi. Yakni mmapu raih juara harapan 1. Penghargaan ini juga diserahkan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Ir. Basuki Hadimuljono.

Menanggapi prestasi ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arfin turut berterima kasih kepada Kemenparekraf RI. Menurut mas Ipin, pariwisata berbasis komunitas yang ada di desa melalui desa wisata saat ini menjadi primadona baru pariwisata di Indonesia. Jika dulu yang lebih dikenal adalah  destinasi-destinasi besar, sekarang desa wisata justru  mulai diangkat levelnya. Yaitu diangkat ke tingkat nasional bahkan internasional.

Mas Ipin juga menambahkan, Penghargaan atas keberhasilan Desa Wisata Pandean itu sebagai pengobat duka atas bencana alam yang melanda Kabupaten Trenggalek. Di mana Desa Wisata Pandean juga ikut terdampak. Meskipun menjadi juara harapan I, namun untuk kategori Desa Wisata Berkembang bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih desa wisata ini baru dirintis sekitar 1,5 tahun yang lalu. Atas keberhasilan ini, Mas Ipin juga berharap agar kedepannya pengelola Desa Wisata Pandean bisa jadi pembina untuk desa-desa wisata yang lain yang juga baru mulai merintis.