Thursday, 30-June-2022

1610009175

home2

Penanganan Penghapusan Honorer, DPRD Trenggalek Tekankan Kajian Dampak Sosial

2 weeks lalu
180
8564101317_903d9afaca

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana penanganan pnghapusan tenaga honorer secara nasional, DPRD Trenggalek tekankan pemerintah daerah kaji lebih dalam terkait dampak sosial. Wakil rakyat meminta agar penghapusan honorer kedepannya tidak menimbulkan permasalahan berat terhadap yang bersangkutan maupun pemerintah.

Sesuai data yang dihimpun [emerintah daerah, saat ini jumlah tenaga honorer di Kabupaten Trenggalek ada sekitar 4.140 orang. Jumlah itu sekitar 50% terdiri dari guru tidak tetap (GTT). Sedangkan sisanya termasuk tenaga kebersihan, keamanan, sopir dan tenaga penunjang lainnya. Sesuai ketentuan pemerintah pusat, masa kerja tenaga honorer sudah dibatasi akan berakhir pada tahun 2023 mendatang.  Sehingga kedepannya pegawai pemerintah hanya akan ada pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan Perjanjian kerja (P3K).

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Agus Cahyono menyampaikan, Untuk penangana  penghapusan Honorer ini, secara pribadi pihaknya menyarankan agar pemerintah daerah menkaji kebutuhan pokok pegawai sesuai SOTK masing masing OPD. Untuk pemberhentian tenaga honorer, pihaknya juga menyarankan agar pemerintah dampak sosial terhadap yang bersangkutan pasca penghapusan. Apakah hal ini akan menimbulkan permasalahan baru atau tidak. Disisi lain terkiat banyaknya pegawai yang pensiun, hingga kekosongan sejumlah posisi jabatan juga harus menjadi bahan pertimbangan kedepan.

Agus juga menambahkan, Secara pribadi ia merasa kasihan jika tenaga honorer hanya akan diberhentikan begitu saja tanpa ada penanganan yang pasti. Terlebih, tenaga honorer rata rata sudah mengabdi dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga harus ada langkah penanganan yang bijak agar tidak ada pihak yang dirugikan dari penghapusan honorer ini.

13234977193_60264b26d9_o

Related Post

home2

bioz tv