Thursday, 30-June-2022

1610009175

home2

Kios Pupuk Nakal Digulung Reskrim Trenggalek, Dinas Pertanian Sebut Penyaluran Tak Sesuai RDKK

2 weeks lalu
224
8564101317_903d9afaca

TRENGGALEK, bioztv.id – Dijual diatas harga ecer tertinggi (HET), ratusan pupuk bersubsidi yang ada di salah satu kios pupuk Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek diamankan Polisi. Disisi lain, Dinas Pertanian dan pangan juga sebut jika penyaluran yang dilakukan tidak sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Mengacu keterangan Kepala Seksi Sarana Pertanian, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, untuk penjualan atau penyaluran pupuk bersubsidi harus sesuai dengan keputusan Menteri pertanian Nomor 771 Tahun 2021. Disana dijelaskan jika yang bisa mendapatkan pupuk bersunsidi adalah petani yang masuh pada daftar RDKK. Sehingga tidak semua petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.

Lebih lanjut Kepala Seksi Sarana Pertanian, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Sadriyati menyampaikan, Jika melihat barang bukti yang diamankan polisi ada jenis pupuk ZA dan SP-36, maka penyaluran pupuk di wilayah durenan itu tidak sesuai RDKK. Karena sesuai RDKK di kecamatan Durenan tidak ada jatah pupuk jenis ZA dan SP-36. Artinya jika pupuk disalurkan tanpa memperhatikan e-RDKK, maka jelas menyalahi aturan, karena semuanya sudah tercantum.dalam RDKK

Sadriyati juga menambahkan, pihaknya memastikan jika pupuksubsidi yang dijual diatas HET di Kecamatan durenan itu bukan pupuk dari wilayah setempat. Pasalnya jenis pupuk sudah tidak sesuai RDKK. Selain itu, untuk proses penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Trenggalek hingga saat ini juga masih stabil seperti biasa.

13234977193_60264b26d9_o

Related Post

home2

bioz tv