Beranda NEWS DPRD Trenggalek Pastikan Petani Yang Belum Pegang Kartu Tani Masih Bisa Dapatkan...

DPRD Trenggalek Pastikan Petani Yang Belum Pegang Kartu Tani Masih Bisa Dapatkan Pupuk

246

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah kelompok tani keluhakan kelangkaan pupuk, Komisi 2 DPRD Trenggalek pastikan petani yang belum pegang kartu tani masih bisa menerima pupuk bersubsidi, meski demikian mereka tetap diwajibkan untuk mengurus kdan mengajukan kartu tani (Kartani).

Untuk mengakomodir keluhan dari kelompok tani asal Kecamatan Munjungan yang kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, ketua komisi 2 DPRD Trenggalek meminta agar dinas terkat dan pihak distributor tidak mempersulit petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, meski kebanyakan mereka belum memegang Kartu Tani, namun Komisi 2 meminta agar pihak terkait menerapkan kearifan local untuk petani.

Ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, dari hasil audiensi Bersama kelompok tani, dinas terkait dan pihak distributor, akhirnya disepakati bahwa petani yang belum memegang Kartu Tani masih bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Tapia da beberapa mekanisme yang harus dilalui, salah satunya mereka yang belum memegang kartu tani harus mendaftar, sehingga seiring berjalannya proses pengajuan kartu tani, pupuk bersubsidi tersebut tetap bisa disalurkan.

Berdasarkan data yang ada, Dikecamatan Munjungan sendiri sedikitnya ada sekitar 63 kelompok tani, masing masing kelompok tani ini mengolah lahan sekitar 20 hingga 25 hektar, sedangkan kebutuhan pupuknya minimal masing masing kelompok tani sekitar 15 ton pupuk.