Beranda NEWS MOMENT Kurangi Emisi Gas Karbon, Desa Wisata Kali Temon Trenggalek jadi Sasaran Bupati...

Kurangi Emisi Gas Karbon, Desa Wisata Kali Temon Trenggalek jadi Sasaran Bupati Tanam Pohon

377

TRENGGALEK, bioztv.id – Kompensasi emisi gas karbon, Bupati Trenggalek Jadikan awasan Desa Wisata Kali Temon yang ada di desa Ngares, Kecamatan Trenggalek sebagai sasaran penanaman pohon. Menyikapi perubahan iklim yang terjadi saat ini, Rencananya donasi penanaman pohon seperti ini akan diwajibkan kepada seluruh warga.

Penanaman pohon di kawasan Desa Wisata Kali Temon ini dilakukn Bupati beserta jajarannya pada 10 Januari 2022. Selain bertujuan sebagai kompensasi atas emisi gas karbon yang dihasilkan dari setiap aktivitas manusia. Penanaman pohon ini juga sebagai upaya mitigasi kejadian bencana alam yang disebabkan dari kerusakan alam.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nru Arifin menyampaikan, Penanaman pohon ini juga bertepatan dengan peringatan hari penanaman sejuta pohon sedunia. Dalam kegiatan ini pihaknya juga turut mensosialisasikan surat edaran Bupati terkait kewajiban donasi bambu bagi seluruh warga Trenggalek. Dalam perbup tersebut, diatur jenis tanaman, lokasi, hingga jumlah pohon yang harus ditanam. Seperti halnya  dalam satu tahun Bupati wajib tanam 50 pohon. Wakil bupati misalnya 40 Pohon, Sekda, OPD, sampai masyarakat umum. Setidaknya bupati menghimbau agar setiap orang menanam 1 pohon dalam setiap tahunnya.

Mas ipin juga menambahkan, dengan dilakukannya upaya penanaman pohon secara rutin seperti ini diharapkan bisa mengatasi satu perubahan iklim sekaligus mengurangi emisi polusi. Sementara itu terkait upaya mitigasi bencana, mas Ipin mencontohkan jika di daerah lereng, kalau tidak ada vegetasinya tentu sedimennya gampang jatuh dan Gampang longsor. Untuk mencegah kejadian itu, daerah lereng perlu diberi tanaman, baik jenis bambu, maupun tanaman lainnya.

Artikel sebelumyaTergantung Ketersediaan Stok Sinovac, Vaksinasi Anak Di Trenggalek Per Hari Bisa 11.000 Dosis ?
Artikel berikutnyaSesuaikan Tatib, Rangkap Jabatan Pimpinan Bapemperda DPRD Trenggalek Diparipurnakan Ulang