Beranda NEWS MOMENT Antisipasi Kebakaran Seperti di Lapas Tangerang, Petugas Rutan Trenggalek Dilatih Damkar

Antisipasi Kebakaran Seperti di Lapas Tangerang, Petugas Rutan Trenggalek Dilatih Damkar

230

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi kejadian kebakara seperti di Laps Tangerang yang menewaskan 49 orang pada beberapa waktu lalu, Petugas rumah tahanan (Rutan) Kelas 2B Trenggalek dilatih tekhnik penanggulangan kebakaran. Pada pelatihan ini, para sipir penjara diajarkan teknik pemadaman api dan pengguna sejumlah peralatan damkar.

Menurut PLT Kepala Rutan Trenggalek, Dadang Rais menyampaikan, Pelatihan penanganan kebakaran terhadap petugas lapas ini dilakukan langsung oleh jajaran Satpol-PP dan Damkar Trenggalek. Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas terhadap petugas rutan. Sehingga apabila terjadi kebakaran di lingkungan penjara, petugas bisa sigap dalam menangani. Pasalnya, pihaknya juga tidak ingin kebakaran seperti di Lapas Tanggerang terjadi di Trenggalek.

Sementara itu kasatpol pp dan kebakaran Trenggalek Triadi Atmono  menjelaskan, pelatihan pemadaman api tersebut dinilai penting,  karena dengan penguasaan ilmu yang tepat dapat meminimalisir dampak yang lebih besar.  Dalam pelatihan ini petugas damkar juga memberikan ilmu mitigasi agar kasus kebakaran tidak terjadi di dalam rutan.

Triado juga menambahkan, pada proses pelatihan upaya penanggulangan kebakaran ini, petugas Damkar Trenggalek mengajarkan cara penggunakan sejumlah alat pemadam kebakaran,  mulai dari apar,  karung basah hingga mobil damkar . Petugas rutan juga diajarkan cara penanganan kebakaran berskala kecil agar tidak semakin membesar.