Beranda NEWS MOMENT Lonjakan Penularan COVID -19 di Trenggalek, Testing & Tracing Pasien Digencarkan

Lonjakan Penularan COVID -19 di Trenggalek, Testing & Tracing Pasien Digencarkan

591

TRENGGALEK, bioztv.id – Tekan lonjakan jumlah pasien Covid-19, Pemkab Trenggalek galakkan proses testing, tracing dan treatment terhadap pasien. Terlebih kasus penularan COVID -19 saat ini sudah masuk di tengah tengah masyarakat, sehingga sulit diketahui dari cluster mana mereka tertular. Sehingga tracing & testing harus dimaksimalkan,

Menurut kepala dinas kesehatan kabupaten Trenggalek, Tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) akan terus lebih dimaksimalkan, karena hal  itu merupakan salah satu tindakan utama yang harus dilakukan dalam proses penanganan COVID-19. Dengan dilakukan tracing dan testing sejak dini, diharapkan paparan Covid-19 bisa diketahui sejak dini, sehingga bisa segera dilakukan penanganan sebelum kondisinya parah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, dr.Saeroni menjelaskan, jika paparan COVID-19 sudah diketahui sebelum 5 hari, maka bisa segera diobati. Sementara itu jika paparan Covid-19 diketahui setelah lebih dari 5 hari, maka daya tahan tubuh sudah menurun, dan kondisinya bisa lebih parah. Pada akhir akhir ini, kondisi seperti  itu juga sering terjadi, yaitu pasien baru dibawa masuk rumah sakit saat kondisinya sudah lemah dan saturasi oksigennya juga rendah.

dr.Saeroni juga menambahkan, saat ini penularan Covid-19 sudah tidak membentuk cluster lagi, karena kasus penularan saat ini sudah meluas di masyarakat, sehingga siapapun bisa berpotensi tertular. Untuk menekan penularan yang lebih luas, pemerintah daerah juga akan terus memaksimalkan testing maupun tracing hingga masuk wilayah pedesaan.