Beranda NEWS MOMENT Overload, Pasien RSUD Dr.Soedomo Trenggalek Jalani Perawatan di Ruang Tunggu

Overload, Pasien RSUD Dr.Soedomo Trenggalek Jalani Perawatan di Ruang Tunggu

681

TRENGGALEK, bioztv.id – Kapasitas ruang perawatan penuh, belasan pasien RSUD Dr,Soedomo Trenggalek akhirnya harus menjalani perawatan di ruang tunggu Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dari belasan pasien yang menjalani perawatan di ruang tunggu ini beberapa diantaranya datang dengan kondisi saturasi oksigen sekitar 40 hingga 50.

Menurut eterangan direktur RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, Pada hari hari biasa, jumlah pasien yang masuk ke rumah rata-rata 30 orang dalam setiap harinya. Sebagian dari mereka datang juga dengan kondisi positif Covid-19. Sementara itu jumlah pasien yang datang kemarin mencapai sekitar 40 0rang, sedangkan jumlah kapasitas ruang perawatan IGD hanya 18 tempat perawatan saja. Akibatnya, belasan pasien IGD harus menjalani perawatan di ruang tunggu.

Direktur RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek dr.Sunarto menyampaikan, belasan pasien yang harus dirawat di ruang tunggu itu karena kapasitas IGD rumah sakit itu telah penuh. Sebagai rumah sakit pemerintah, dengan kondisi apapun akan tetap berempati dan bersimpati kepada pasien. Dalam kondisi keterbatasan oksigen dan tenaga, pihaknya juga menawaran kepada keluarga pasien apakah bersedia dirawat dengan kondisi seperti ini atau tidak Jika mau, mereka juga akan tetap dirawat meski kondisi overload.

Sunarto juga menjelaskan, Ia belum berani memastikan apakah pasien yang dirawat di ruang tunggu itu adalah pasien Covid-19 atau bukan. Karena hasil pemeriksaan tes usap kepada mereka belum keluar, sehingga untuk memastikan status pasien Covid atau non Covid masih harus menunggu hasil tes PCR. Hingga kemarin, Kebanyakan pasien yang dirawat di ruang tunggu ini tampak dengan kondisi terpasang infus dan  tersedia tabung oksigen di samping tempat perawatan.