Beranda NEWS MOMENT Klaim Anggaran Covid-19 Dari Pusat Belum Cair, RSUD Trenggalek Akhirnya Utang Bank...

Klaim Anggaran Covid-19 Dari Pusat Belum Cair, RSUD Trenggalek Akhirnya Utang Bank Jatim

527

TRENGGALEK, bioztv.id –  Klaim anggaran penanganan Covid-19 dari pemerintah pusat belum cair, RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek akhirnya harus utang bank untuk penuhi anggaran operasional. Pasalnya, anggaran untuk pananganan pasien Covid-19 nominalnya cukup besar, untuk satu pasien saja bisa mencapai 15 juta hingga 50 juta.

Menurut keterangan direktur RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, klaim anggaran penanganan Covid-19 dari pemerintah pusat yang belum cair tidak hanya untuk tahun 2021 ini saja, namun klaim anggaran tahun 2020 juga belum semuanya cair. Pada tahun 2020, klaim anggaran yang diajukan sebesar 21 Miliar rupiah, dari jumlah tersebut baru cair sekitar 430 Juta rupiah. Sementara itu unutk klaim tahun 2021 masih menunggu hasil verifikasi.

Direktru RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, dr.Sunarto menjelaskan, Akibat belum cairnya klaim anggaran dari pemerintah pusat ini sangat berdampak terhadap kondisi rumah sakit. Saat ini RSUD hanya mengandalkan biaya operasional BLUD dan bantuan dari pemerintah Kabupaten saja. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan operasional, RSUD harus utang ke Bank Jatim.

Sunarto juga menambahkan, biaya yang dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19 sangatlah banyak, sehingga anggaran yang dibutuhkan juga cukup besar. Untuk penanganan pasien Covid-19 dengan kondisi tertentu, anggaran yang dibutuhkan setiap pasiennya bisa mencapai 15 juta bahkan bisa sampai 50 juta. Hal ini tergantung dari kondisi pasien dan jenis tindakan yang harus dilakukan.