Beranda NEWS MOMENT PUPR Trenggalek Akui Tahun Ini Ada Tren Penurunan Nilai Tawar Lelang Yang...

PUPR Trenggalek Akui Tahun Ini Ada Tren Penurunan Nilai Tawar Lelang Yang Cukup Signifikan

611

TRENGGALEK, bioztv.id – Tanggapi fenomena anjloknya nilai tawar lelang jasa konstruksi yang dinilai melebihi batas kewajaran, Kepala Dinas PUPR Trenggalek akui jika tahun ini ada tren penurunan nilai tawar lelang yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, tahun ini penurunan penawaran itu rata rata mencapai diatas 20%.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kabupaten Trenggalek, dari hasil pantauan proses lelang jasa konstruksi, tahun ini memang nilai tawar lelang mengalami penurunan yang cukup signifikan, rata rata penawarannya turun diatas 20%. Jika di rata-rata,  pada minggu kemarin penurunan nilai tawar yang menang lelang dari total pagu sebesar 29,58%.

Kepala Dinas PUPR Trenggalek, Ramelan  juga menjelakan, Penurunan ini tergolong rendah di banding kondisi sebelum-sebelumnya. Menurutnya,  penurunan normal biasanya berkisar antara 10% sampai 15% dari nilai pagu. Sementara itu dari informasi yang ia terima,  penurunan nilai penawaran itu terjadi karena beberapa perusahaan konstruksi memilih untuk memotong untung agar tetap bisa bekerja di masa pandemi.

Sebelumnya diketahui bahwa, Pertanyakan kewajaran nilai tawar lelang, sejumlah pengusaha konstruksi yang tergabung dalam gabungan pengusaha konstruksi indonesia (Gabpeksi) wadul DPRD Trenggalek. Pasalnya, dari pantauan Gabpeksi Trenggalek,  kegiatan lelang jasa Konstruksi terbukti dimenangkan dengan nilai penurunan hingga lebih dari 30%, bahkan sampai 59%.