Beranda NEWS MOMENT Kepala ULP Trenggalek Mangkir, Hearing Kontraktor Pertanyakan Kewajaran Lelang Akhirnya Ditunda

Kepala ULP Trenggalek Mangkir, Hearing Kontraktor Pertanyakan Kewajaran Lelang Akhirnya Ditunda

324

TRENGGALEK, bioztv.id – Kepala unit layanan pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek mangkir, rencana hearing bareng sejumlah pengusaha konstruksi di kantor DPRD Trenggalek akhirnya ditunda. Dalam hal ini, para pengusaha jasa konstruksi pertanyakan terkait kewajaran nilai tawar lelang yang mengalami penurunan cukup signifikan.

Mengacu keterangan ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, untuk hearing bersama sejumlah pengusaha jasa konstruksi yang tergabung dalam gabungan pengusaha konstruksi indonesia (Gabpeksi) belum ada hasil, karena pihak yang berwenang yaitu kepala unit layanan pengadaan (ULP) tidak bisa hadir. Sehingga rapat harus ditunda hingga yang bersangkutan bisa hadir.

Lebih lanjut Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni tahir Hamid menyampaikan, Pada hearing kali ini, Pihak Gabpeksi meminta penjelasan terkait pemenang lelang jasa konstruksi yang lakukan penurunan penawaran cukup drastis. Korelasinya, dari turunnya harga yang cukup signifikan itu banyak hasil pekerjaan yang kualitasnya kurang baik. Sehingga, dalam hal ini, pihak ULP juga berperan sebagai salah satu ungsur yang menentukan kualitas hasil pekerjaan.

Husni juga menjelaskan, secara aturan, penawar terendah memang bisa langsung ditetapkan sebagai pemenang lelang, namun dari segi  subyektifnya juga harus didukung, apakah penurunan penawaran  yang signifikan itu wajar atau tidak wajar. Jika penurunan nilai tawar itu dinilai tidak wajar, maka pihak ULP juga berhak untuk mencoret penawar terendah itu dari daftar pemenang lelang.