Beranda NEWS MOMENT Belum Tuntas, Warga Terdampak Masih Persoalkan Appraisal Ganti Rugi Bendungan Bagong Trenggalek

Belum Tuntas, Warga Terdampak Masih Persoalkan Appraisal Ganti Rugi Bendungan Bagong Trenggalek

756

TRENGGALEK, bioztv.id – Belum ada kesepahaman antar pihak, Warga terdampak Bendungan Bagong Kabupaten Trenggalek masih persoalkan appraisal ganti rugi lahan. Warga menilai jika appraisal yang dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) itu asal asalan, sehingga harga ganti rugi tanah dan bangunan terlalu murah dan dianggap tidak layak.

Menurut keterangan perwakilan wraga terdampak, Lukman Hakim menyampaikan, saat proses Appraisal, pihaknya menilai ada sejumlah kejanggalan kejanggalan. Ia mencohkan ada beberapa bangunan rumah yang kondisinya lebih bagus, tapi pada harga ganti rugi lahan justru lebih murah. Sementara itu rumah lain yang kurang bagus justru nilai ganti ruginya lebih tinggi.

Sementara itu Sekrearis Pelaksana Pengadaan Tanah BPN Trenggalek, Mohamad Nur Fatoni menjelaskan, untuk penentuan harga ganti rugi atau hasil Appraisal itu sepenuhnya ada pada KJPP, sedangkan pihak BPN, atau panitia pelaksana pengadaan tanah hanya berwenang menyampaikan hasilnya saja. dan tidak bisa mengintervensi.

Berkaca dari kejadian ini, sejumlah warga terdampak bendungan bagong juga meminta agar tim appraisal bisa transparan dengan warga. Terlebih, penilaian tanah tidak hanya bisa dihitung dari apa yang ada di atas tanah saja, tapi isi kandungan dalam tanah juga bisa  dimasukkan hitungan pada proses appraisal.