Beranda NEWS MOMENT Peraturan Baru, Lansia, Ibu Menyusui dan Orang Dengan Penyakit Penyerta Boleh Divaksin

Peraturan Baru, Lansia, Ibu Menyusui dan Orang Dengan Penyakit Penyerta Boleh Divaksin

306

TRENGGALEK, bioztv.id – Sempat dilarang, Lansia, ibu menyusui dan orang dengan penyakit penyerta akhirnya diperbolehkan menjalani vaksin covid-19. Pasalnya, kementerian kesehatan Republik indonesia sudah merilis surat edaran baru, dan memperbolehkan vaksinasi terhadap beberapa keriteria orang yang sebelumnya dilarang.

Mengacu keterangan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Diinkesdalduk dan KB) Kabupaten Trenggalek, terkait batasan kriteria sasaran vaksinasi, kementerian kesehatan baru saja merilis peraturan baru. Sehingga per 11 Februari ini, orang yang diatas 60 tahun dan ibu menyusui diperbolehkan menjalani vaksinasi. Selain itu, pasien dengan komorbit dan penyintas Covid-19 juga diperbolehkan menjalani vaksinasi, namun harus lebih dari 3 bulan.

Lebih lanjut Kepala Diskesdalduk dan KB Kabupaten Trenggalek, Saeroni menyampaikan, Jika pada peraturan terdahulu, batasan pasien hipertensi dengan  tensi 140 per 110 tidak bisa divaksin, sekarang diperbolehkan. Sedangkan batasan pasien hipertensi yang tidak boleh menjalani vaksinasi adalah mereka yang tensinya 180 per 110.

Saeroni juga menambahkan, dengan adanya peraturan baru itu, sejumlah sasaran vaksinasi pada tahap pertama yang tidak bisa divaksin karena terbentur peraturan lama, dalam waktu dekat mereka akan kembali dipanggil untuk menjalani vaksinasi.