Beranda NEWS MOMENT Zona Merah, RS Darurat Trenggalek Dipercepat & Penanganan Pasien Menyesuaikan Angka...

Zona Merah, RS Darurat Trenggalek Dipercepat & Penanganan Pasien Menyesuaikan Angka CT

589

TRENGGALEK, bioztv.id – Ditetapkan menjadi Zona Merah, Bupati Trenggalek revisi dan sesuaikan sejumlah kebijakan penanganan penularan Covid-19 di daerahnya. Mulai dari percepatan berdirinya rumah sakit darurat,  PPKM, hingga proses penanganan pasien positif Covid-19 yang mengacu pada angka Cycle Threshold atau CT.

Mengacu keterangan Bupati Trenggalek, dengan ditetapkannya Trenggalek menjadi Zona merah ini, pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi lebih diperketat. Tempat wisata yang sebelumnya masih dibuka, saat ini semuanya sudah ditutup total hingga 25 Januari mendatang. Selain itu rencana pemanfaatan 4 Puskesmas  menjadi rumah sakit darurat Covid-19 juga akan dikebut.

Lebih lanjut bupati Trenggalek. Mochamad Nur Arifin menyampaikan, untuk penanganan pasien yang positif terpapar Covid-19 juga akan di pilah pilah. Penanganannya tidak hanya berbasis pada resiko rendah, sedang maupun tinggi, namun juga akan dilihat dari angka Cycle Threshold (CT). Mereka yang angka CT nya tinggi kemungkinan sembuh akan lebih cepat, sehingga pasien akan diberikan multivitamin tambahan dan dilakukan swab setiap 2 atau 3 hari sekali.

Sebelumnya diketahui bahwa, Penetapan Kabupaten Trenggalek menjadi zona merah ini ditetapkan sejak 19 Januari 2021 hingga kasus penularan Covid-19 bisa menurun. Penetapan zona merah ini didasarkan oleh sejumlah faktor, mulai dari peningkatan jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, angka kesembuhan, kematian, hingga kapasitas ruang perawatan. Seluruh kriteria itu akan dilakukan analisa dan penghitungan epidemiologi hingga ditemukan skor.