Beranda NEWS MOMENT Dibahas Selama 8 Bulan, Perubahan RTRW Trenggalek Untuk 20 Tahun Kedepan Akhirnya...

Dibahas Selama 8 Bulan, Perubahan RTRW Trenggalek Untuk 20 Tahun Kedepan Akhirnya Disahkan

1039

TRENGGALEK, bioztv.id – Setelah menjalani pembahasan selama kurang lebih 8 bulan, perubahan rancana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek akhirnya resmi disahkan. Praturan daerah (Perda) tentang RTRW yang baru ini akan berlaku untuk 20 tahun kedepan, yaitu sejak tahun 2020 ini hingga tahun 2040 mendatang.

Mengacu keterangan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dengan disahkannya Perda RTRW yang baru ini akan menjadi suatu kepastian hukum tentang pengelolaan tata ruang di Trenggalek. Karena selama beberapa waktu terakhir ada sejumlah perijinan penggunaan kawasan tertentu yang tidak bisa terlayani lantaran tidak sesuai dengan RTRW. Dengan disahkannya RTRW yang baru ini sejumlah perijinan bisa menyesuaikan, dan memungkinkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Trenggalek.

Sementara itu Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam juga menyampaikan, pembahasan perubahan RTRW ini sudah menjalani perjalanan yang cukup panjang dan melibatkan banyak pihak. Pihaknya sangat bersyukur akhirnya RTRW ini bisa disahkan dipenghujung tahun 2020 dan akan resmi diterapkan hingga 20 tahun kedepan.

Setelah disahkan pada 23 Desember tahun 2020, selanjutnya pihak eksekutif dan legislatif akan segera menindaklanjuti perda RTRW ini dengan rencana detail tata ruang (RDTR). Karena pada perda RTRW itu sifatnya masih makro, sehingga untuk detail RTRW akan diperjelas dalam rencana detail tata ruang.