Beranda NEWS MOMENT Diskomidag, Lonjakan Harga Sembako Menjelang natal & Tahun Baru Tak Setinggi Tahun...

Diskomidag, Lonjakan Harga Sembako Menjelang natal & Tahun Baru Tak Setinggi Tahun Kemarin

344

TRENGGALEK, bioztv.id – Lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar basah menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2021 dinilai tidak setinggi tahun sebelumnya. Akibat adanya lonjakan ini, pihak Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Kabupaten Trenggalek juga mengaku akan segera lakukan pemantauan pasar bersama tim.

Mengacu keterangan Kabid Perdagangan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Kabupaten Trenggalek, Meski saat ini masih terjadi pandemi Covid-19, sedangkan sejumlah harga kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan hingga dua kali lipat, namun kenaikan ini dinilai tidak setnggi pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Kabid Perdagangan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Kabupaten Trenggalek, Misran menyampaikan, untuk menindaklanjuti lonjakan harga ini, pihaknya bersama tim  akan segera melakukan pantauan dilapangan. Baik pemantauan ketersediaan barang, hingga perkembangan harga dipasaran.

Perlu diketahui bahwa, menjelang natal dan tahun baru 2021 ini, lonjakan harga kebutuhan pokok yang paling tinggi didominasi oleh Kubis dan cabe. Harga kubis yang sebelumnya Rp 4.000 perkilogram kini naik menjadi Rp 20.000 perkilogram. Kalau harga cabe baik cabe kecil maupun cabe besar mengalami kenaikan. Cabe kecil dari harga normal Rp 25.000 perkilogram kini naik menjadi Rp 42.000 perkilogram, cabe besar kriting dari harga Rp 35.000 naik menjadi Rp 60.000 perkilogram.

Untuk harga seperti wortel, tomat dan telor mengalami kenaikan sebesar Rp 2000 hingga Rp 5.000 perkilogram. Bawang merah dan bawang putih harganya masih normal, harga bawang merah perkilogram saat ini Rp 28.000 perkilogram, kalau bawang putih masih Rp 21.000 perkilogram.