Beranda NEWS MOMENT Manfaakan Gulma Enceng Gondok, Emak Emak Di Trenggalek Semangat Belajar Membuat Aneka...

Manfaakan Gulma Enceng Gondok, Emak Emak Di Trenggalek Semangat Belajar Membuat Aneka Kerajinan

394

TRENGGALEK, bioztv.id – Tetap bangkit ditengah pandemi, Puluhan emak emak di Kabupaten Trenggalek semangat berlatih membuat aneka kerajinan anyaman dengan bahan baku gulma enceng gondok. Beberapa diantaranya seperti kerajinan anyaman tas, keset, tali dan berbagai aneka kerajinan lain dengan bahan baku enceng gondok.

Menurut keterangan salah satu peserta pelatihan, Nining Diana menyampaikan, ia merasa sangat senang bisa belajar menganyam dengan bahan dasar Enceng Gondok ini. Karena selain bahan bakunya mudah di cari. produk ini juga memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan. Sebelum mengikuti pelatihan ini, ia biasanya membuat kerajinan batik shibori, namun semenjak Pandemi Corona melanda usahanya sepi. Sehingga ia mulai banting setir untuk belajar membuat kerajinan dari enceng gondok ini.

Sementara itu Kepala Diskomidag Trenggalek, Agoes Setiyono juga menyampaikan, Selama ini produk kerajinan tas yang ada di Trenggalek biasanya hanya berbahan kulit, kain dan bahan bahan daur ulang lainnya. Dengan adanya pelatihan membuat kerajinan dari enceng gondok ini ia berharao bisa memberikan keanekaragaman produk di Trenggalek, Terlebih produk ini juga dinilai memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Sebelumnya diketahui bahwa, Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dengan bahan baku enceng gondok ini dilakukan Diskomidag sejak 16 Desember hingga 17 Desember 2020. Sedikitnya ada 30 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Pelatihan yang diberikan kepada peserta meliputi pembuatan tas, tali, keset dan beberapa aneka hasil olahan berbahan eceng gondok lainnya. Pelatiahan ini dimulai dari pencucian Enceng Gondok, pemisahan daun dari tangkai, pengeringan, penganyaman, serta membuat pola hingga finishing.