Beranda NEWS MOMENT Bahan Baku Di Trenggalek Minim, Diskomidag Justru Latih Warga Membuat Kerajinan Enceng...

Bahan Baku Di Trenggalek Minim, Diskomidag Justru Latih Warga Membuat Kerajinan Enceng Gondok

330

TRENGGALEK, bioztv.id – Bahan baku di Trenggalek minim, Dipenghujung tahun 2020 DInas Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Kabupaten Trenggalek  justru latih sejumlah ibu ibu untuk membuat kerajinan anyaman dengan bahan baku enceng gondok. Pada kegiatan ini pelatihnya juga didatangkan dari luar kota.

Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dengan bahan baku enceng gondok ini dilakukan Diskomidag sejak 16 Desember hingga 17 Desember 2020. Sedikitnya ada 30 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Pelatihan yang diberikan kepada peserta meliputi pembuatan tas, tali, keset dan beberapa aneka hasil olahan berbahan eceng gondok lainnya. Pelatiahan ini dimulai dari pencucian Enceng Gondok, pemisahan daun dari tangkai, pengeringan, penganyaman, serta membuat pola hingga finishing.

Kepala Diskomidag Trenggalek, Agoes Setiyono menyampaikan, Meski di Trenggalek ketersediaan enceng gondok sangat terbatas, namun kerajinan anyaman dengan bahan dasar Enceng Gondok ini tidak banyak kabupaten yang memilikinya. Selain itu nilai jualnya untuk saat ini cukup tinggi.

Agoes juga menambahkan, dalam pelatihan ini, nara sumber yang didatangkan dari jogja tidak hanya membuat kerajinan dari enceng gondok saja, tapi juga kerajinan lainnya. Setelah mengikuti pelatihan ini, agoes juga berharap agar para peserta bisa mengembangkan potensinya masing masing untuk berkarya membuat produk kerajinan dari eceng gondok.