Beranda NEWS MOMENT Persiapkan Perubahan Perbup, M Nur Arifin Segera Gratiskan Swab Test Bagi Warga...

Persiapkan Perubahan Perbup, M Nur Arifin Segera Gratiskan Swab Test Bagi Warga Trenggalek

310

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi kembali munculnya ledakan pasien positif Covid-19, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin persiapkan perubahan peraturan bupati (Perbup) untuk menggratiskan Swab Test. Dengan adanya Swab Gratis ini diharapkan bisa memisahkan resiko penularan, sehingga bisa ditangani sebelum menular ke orang lain.

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, jika dahulu strategi penanganan Covid-19 dilakukan dengan pembatasan wilayah, kemudian pendisiplinan wilayah, sekarang strateginya pemisahan resiko didalam wilayah. Artinya, penyediaan alat rapid test dan swab test akan disiapkan lebih banyak. Setelah semua digratiskan, diharapkan nantinya masyarakat mau melakukan tracing secara mandiri.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan lakukan rapat bersama forkopimda dan menyiapkan perubahan perbup, mengganti perbup sebelumnya yang masih menyebutkan batasan harga Swab Test sesuai ketentuan kementerian kesehatan. Langkah menggratiskan swab ini mrupakan salah satu upaya memisahkan resiko penularan Covid-19, agar tidak sampai telat atau tidak sampai menulari orang lain, ataupun berakibat fatal hingga menyebab kan kematian.

Mochamad Nur Arifin juga menambahkan, semakin dini  kita bisa mengidentifikasi resiko penularan, maka potensi penularan bisa lebih dicegah. Sementara itu salah satu terobosan mempercepat angka kesembuhan pasien covid yang sudah dilakukan RSUD Dr.Soedomo adalah dengan cara memperhatikan angka Cycle Threshold (CT) dan mempercepat re-swab. Pasalnya, ketika pasien Covid-19 di swab akan kelihatan angka CT nya (Cycle Threshold). Bagi yang angka CT nya paling tinggi jika dilakukan pemulihan imun bisa menambah 2 hingga 4 poin tiap harinya. sehingga ketika 3 hingga 4 hari kembali di swab, hasilnya terbukti negatif.