Beranda NEWS Petani Keluhkan Pupuk Langka, Komisi II DPRD Trenggalek Minta Distribusi Pupuk dipermudah

Petani Keluhkan Pupuk Langka, Komisi II DPRD Trenggalek Minta Distribusi Pupuk dipermudah

146

TRENGGALEK, bioztv.id – Terima keluhan Sejumlah Kelompok Tani dari Kecamatan Munjungan terkait kelangkaan pupuk, Komisi 2 DPRD Trenggalek pastikan dinas terkait dan distributor tidak akan mempersulit proses distribusi. Dalam waktu dekat pupuk tersebut juga akan disalurkan.

Mengacu keterangan ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, terkait keluhan kelangkaan pupuk oleh beberapa kelompok tani dari Kecamatan munjungan ini memang ada beberapa peraturan penyaluran pupuk bersubsidi yang kurang di pahami oleh sebagain kelompok tani, salah satunya menyangkut kartu tani. Namun, karena peraturan tersebut terbilang peraturan yang masih baru, Komisi 2 meminta agar ada kearifan local, sehingga para petani masih tetap bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.

Sementara itu salah satu ketua Kelompok tani, Sunyoto menerangkan, Dari hasil hearing kali ini dinas terkait dan distributor menyatakan pupuk masih tersedia dan siap untuk menyalurkan setelah administrasinya selesai. Rencananya dalam kurun waktu 2 atau 3 hari kedepan pupuk akan segera didistribusikan.

Perlu diketahui bahwa, sedikitnya ada sekitar 63 Kelompok tani di Kecamatan Munjungan yang saat ini mengalami kesulitan pupuk. Sementara itu umur tanaman padi saat ini sudah mencapai dua minggu hingga satu bulan, dimana pada usia tersebut seharusnya mendapatkan asupan pupuk yang cukup, sedangkan kondisi yang terjadi saat ini justru kesulitan untuk mendapatkan pupuk.