Beranda NEWS MOMENT Ganti Rugi Bendungan Bagong Tidak Cukup Untuk Membeli Lahan Baru Dengan Luas...

Ganti Rugi Bendungan Bagong Tidak Cukup Untuk Membeli Lahan Baru Dengan Luas Yang Sama ?

698

TRENGGALEK, bioztv.id – Dianggap lebih murah  dari ganti rugi bendungan Tugu, nilai ganti rugi lahan warga yang terdampak bendungan bagong dinilai tidak cukup untuk membeli lahan dan mambuat bangunan baru dengan volume yang sama. Sehingga, warga menuntut pembatalan tahapan proses bendungan bagong.

Penolakan warga terhadap nilai ganti rugi lahan warga yang terdampak bendungan begong ini dilakukan melalui aksi damai di kantor BPN Trenggalek pada 8 September 2020. Mereka menolak harga ganti rugi yang telah ditentukan tim appraisal. Pasalnya, untuk harga tanah dan bangunan dinilai jauh lebih murah dari harga jual beli tanah pada umumnya.

Salah satu warga terdampak yang melakukan audiensi dengan BPN, Marlan menyampaikan, harga ganti rugi lahan terdampak bendungan bagong yang diberikan terlalu rendah.Bahkan, dengan harga yang ditentukan tersebut tidak cukup untuk membeli tanah di tempat lain dengan luas yang sama. Pihaknya mencontohkan, misalnya punya tanah dengan luas 6×10 meter, itu kalau kami belikan dengan ukuran yang sama tidak bisa mendapatkan lahan seluas itu.

Marlan juga menambahkan, mengingat nilai ganti rugi ini dinilai tidak sesuai, selama ini juga belum ada kesepakatan harga dengan pihak terkait. Sehingga mereka menuntut agar BPN dan tim appraisal membatalkan seluruh proses yang telah dilakukan, dan membatalka rencana pembangunan bendunagn bagong didaerahnya.