Beranda NEWS MOMENT Daftar Menjadi Bakal Pasangan Bakal Calon Bupati, Anggota DPRD Tidak Harus Mengundurkan...

Daftar Menjadi Bakal Pasangan Bakal Calon Bupati, Anggota DPRD Tidak Harus Mengundurkan Diri

211

TRENGGALEK, bioztv.id – Saat mendaftar menjadi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Anggota DPRD tidak diharuskan mengundurkan diri dari keanggotaannya. Namun mereka hanya diwajibkan membuat surat pernyataan sanggup mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi calon pasangan bupati atau wakil bupati.

Mengacu keterangan katua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, berdasarkan ketentuan yang berlaku, untuk pasangan calon bupati atau wakil bupati yang berasal dari anggota legislatif memang harus melepaskan jabatan lamanya, atau mengundurkan diri. Namun proses pengunduran diri tersebut tidak harus dilakukan saat melakukan pendaftaran di KPU.

Leih lanjut Katua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, Saat mendaftar di KPU, bagi bakal pasangan calon bupati atau wakil bupati yang berasal dari anggota legislatif hanya diwajibkan membuat surat pernyataan siap mengundurkan diri saat ditetapkan menjadi calon bupati atau wakil bupati. Namun, saat mereka sudah ditetapkan menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati proses pengunduruan dirinya belum selesai, hal tersebut tetap diperbolehkan selama mereka bisa menunjukkan bukti bahwa pengunduran dirinya sedang berproses oleh instansi yang berwenang, Karena pengunduruan diri tersebut bukan ada di ranah KPU.

Gembong juga menjelaskan, Kelangkapan SK pengunduruan diri, atau surat yang menunjukkan pengunduran dirinya sedang berproses bagi anggota legislatif yang daftar menjadi pasangan calon bupati atau wakil bupati ini, paling lambat harus dilengkapi satu bulan sebelum proses pemilhan umum bupati dilakukan, atau sejak yang bersangkutan ditetapkan menjadi pasangan calon oleh KPU.