Beranda NEWS MOMENT Evaluasi APBD 2019, Wakil Ketua DPRD Trenggalek Tekankan Perencanaan Dilakukan Lebih Awal

Evaluasi APBD 2019, Wakil Ketua DPRD Trenggalek Tekankan Perencanaan Dilakukan Lebih Awal

127

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah asset dan realisasi APBD pada tahun tahun sebelumnya kembali menjadi catatan evaluasi Gubernur Jawa Timur pada pelaksanaan APBD Trenggalek tahun 2019, DPRD Trenggalek minta agar pemerintah daerah tuntaskan perencanaan lebih awal sebelum memasuki tahun anggaran.

Menurut keterangan salah satu wakil ketua DPRD Trenggalek, salah satu kelemahan pemerintahdaerah dari tahun tahun adalah lemahnya perencanaan, karena saat memasuki tahun anggaran, biasanya masih dibarengi dengan perencanaan pembangunan yang akan dilakukan pada tahun tersebut. Akibatnya, saat ada problem sepertihalnya gagal lelang, maka tidak ada lagi waktu untuk mengulang lelang tersebut.

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Doding Rahmadi menyampaikan, berkaca dari sejumlah kegiatan yang rutin menjadi catatan tahunan dari Gubernur tersebut, pihaknya meminta agar pemerintah daerah mematangkan proses  perencanaan pembangunan sejak akhir tahun sebelum memasuki tahun anggaran, sehingga saat memasuki tahun anggaran, semua persiapan perencanaanya sudah ready, dan eksekusi kegiatan bisa dilakukan sejak awal tahun.

Doding juga menjelaskan, jika ada kegiatan yang sudah direncanakan sebelum memasuki tahun anggaran, namun saat memasuki tahun anggaran justru tidak kebagihan dana untuk realisasi, pihaknya menilai tidak apa apa. Menurutnya, meski belum bisa terealisasi, kalau kegiatan tersebut sudah direncanakan secara matang, akan mempermudah proses realisasi saat anggarannya sudah siap.