Beranda NEWS Tindak Lanjuti Temuan Gubernur, DPRD Trenggalek Akan Kawal Pembangunan Sejak Dini

Tindak Lanjuti Temuan Gubernur, DPRD Trenggalek Akan Kawal Pembangunan Sejak Dini

213

TRENGGALEK, bioztv.id –  Tindak lanjuti temuan rutin Gubernur Jawa Timur terhadap pelaksanaan APBD tahun 2019 yang menyisakan sejumlah catatan, DPRD Trenggalek akan kawal proses pembangunan sejak dini. Pengawalan tersebut tidak hanya dilakukan saat mulai dikerjakan saja, namun dilakukan sejak proses perencanan.

Dalam rapat antara Banggar DPRD Trenggalek dan Tim Anggaran Pemerintah daerah (TAPD), Beberapa hal yang akan menjadi fokus tindak lanjut catatan gubernur Jawa Timur terhadap APBD Trenggalek tahun 2019 itu antara lain, terkait adanya belanja yang tidak terealisir maupun belanja yang capaiannya rendah. Untuk mengantisipasi terjadinya temuan yang sama pada tahun tahun berikutnya, DPRD Trenggalek melalui komisi komisi yang membidangi juga akan melakukan pengawasan sejak perencanaan, pemberkasan, hingga proses pengerjaannya selesai.

Pimpinan rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Trenggalek, Agus Cahyono  menyampaikan, Dengan dilakukannya pengawalan sejak dini, dan dilakukannya pelaksanaan pembangunan sejak awal tahun, nantinya kemungkinan terjadinya gagalnya pembangunan bisa lebih ditekan. Seperti halnya jika sampai terjadi gagal lelang, nantinya masih ada waktu untuk melakukan lelang ulang.

Anggota Banggar DPRD Trenggalek juga menambahkan, untuk asset yang kembali menjadi catatan Gubernur Jawa Timur tersebut adalah terkait penyertaan modal pemerintah daerah pada PDAU pada beberapa tahun lalu. Sementara itu PDAU tersebut saat ini sudah tidak beroprasi lagi dan sudah dalam tahap pembubaran badan hukumnya.