Beranda NEWS Pelaksanaan APBD 2019 di Evaluasi Gubernur, Pendapatan & Aset Kembali Menjadi Catatan...

Pelaksanaan APBD 2019 di Evaluasi Gubernur, Pendapatan & Aset Kembali Menjadi Catatan Rutin

126

TRENGGALEK, bioztv.id – Evaluasi pelaksanaan APBD Kabupaten Trenggalek tahun 2019 usai, Gubernur Jawa Timur sematkan sejumlah catatan yang harus segera ditindak lanjuti. Beberapa catatan tersebut merupakan temuan rutin yang dalam setiap tahunnya selau menjadi catatan dan belum mengalami banyak perubahan.

Dari hasil tindak lanjut evaluasi gubernur Jawa Timur terhadap pelaksanaan APBD Trenggalek tahun 2019, Badan Anggaran DPRD Trenggalek menilai, dari beberapa catatan Gubernur tersebut dinilai tidak ada catatan yang crusial, namun status sejumlah asset pemkab Trenggalek kembali menjadi catatan.

Selain itu, gubernur juga menyisipkan catatan terkait target pendapatan yang tidak bisa terpenuhi. Pasalnya, berdasarkan target yang ada, pencapaian pendapatan masih kurang sekitar 4%. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2018, masih ada peningkatan sekitar 14%.

Menanggapi hal ini, Pimpinan rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Trenggalek, Agus Cahyono  menyampaikan, Terkait asset yang kembali menjadi catatan gubernur ini, banggar menilai masih ada asset yang pendataanya kurngg tertib, terutama asset yang sifatnya ada penyusutan, sehingga saat asset tersebut sudah menyusut ataupun sudah tidak ada terkadang justru masih tercatat.

Agus juga menambahkan, Selain menyorot target PAD yang tidak tercapai dan kondisi asset yang rutin menjadi temuan, Gubernur juga menyematkan catatan terkait adanya realisasi belanja yang tidak tereksekusi, dan masih adanya capaian belanja modal dibawah 60%.

Untuk tindak lanjut dari catatan Gubernur ini, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) juga sudah menyampaikan draf tindak lanjut. Pihaknya berharap agar pada tahun tahun berikutnya tidak ada lagi temuan rutin yang selalu terulang.