Beranda Culture Ditengah Pandemi Corona, Kesakralan Hari Jadi Trenggalek Ke-826 Dibalut Kesederhanaan

Ditengah Pandemi Corona, Kesakralan Hari Jadi Trenggalek Ke-826 Dibalut Kesederhanaan

237

TRENGGALEK, bioztv.id –   Ditengah pandemic corona, peringatan hari jadi Trenggalek ke 826 pada tahun 2020 jauh berbeda dengan peringatan pada tahun tahun sebelumny. Pada tahun ini peringatan tersebut hanya digelar dengan nuansa yang sederhana, dan tanpa adanya pesta rakyat maupun pesta kembang api.

Sejumlah kegiatan yang digelar pada peringatan hari jadi Trenggalek tahun 2020 ini hanya beberapa kegiatan yang pokok saja, seperti halnya jamasan pusakan, kirab pusaka, ziarah makam dan doa bersama. Sedangkan sejumlah kegiatan seperti berebut tumpeng di pendopo, pasar rakyat, hingga pesta kembang api harus ditiadakan. MEski tidak menggelar pesta rakyat, namun pada peringatan hari jadi tahun ini pemerintah daerah mengantinya dengan memberikan insentif bansos kepada guru madarasah diniyah dan stimulus bagi sejumlah UMKM yang ada di Trenggalek.

Menanggapi hal ini, bupati Trenggalek menjelaskan, meskipun digelar dengan nuansa yang sederhana, namun yang paling membahagiakan adalah, semua yang terlibat pada prosesi ini merupakan vendor lokal, mulai dari busana, hingga kereta yang digunakan merupakan kereta milik kusir delman lokal yang selama ini biasa mangkal di kawasan kota dan turut terdampak pandemi. Mengingat saat ini merupakan masa-masa penyembuhan ekonomi, pihaknya berharap dua hingga tiga tahun kedepan ekomomi harus sudah tumbuh. Seperti halnya logo hari jadi yang bentuknya setelah turun di ujungnya bagian atas naik lagi. Jadi kurvanya harus naik,

Perlu diketahui bahwa, Prosesi hari jadi Trenggalek ke 826  ini sudah digelar sejak hari Minggu kemarin. Diawali dengan upacara jamasan pusak, kemudian diboyong ke Balai Desa Kamulan. Prosesi belanjut ziarah makam leluhur dilanjut istigozah di dua tempat secara live dari Pendopo Manggala Praja Nugraha dan Balai Desa Kamulan dimana pusaka kadipaten disinggahkan sementara sebelum dikirab pada prosesi sacral peringatan hari jadi 31 Agustus 2020.