Beranda NEWS MOMENT “Pojok Pengawasan”, Menjadi Strategi Bawaslu Trenggalek Membumikan Pengawasan Pemilu

“Pojok Pengawasan”, Menjadi Strategi Bawaslu Trenggalek Membumikan Pengawasan Pemilu

203

www.bioztv.id – Membumikan pengawasan pemilu melalui pengawasan partisipatif, Bawaslu Trenggalek lounching “Pojok Pengawasan”, yang ada di area kantor Bawaslu Trenggalek. Melalui tempat ini, Masyarakat umum bisa mengakses langsung info seputar pengawasan pemilu, hingga melaporkan temuan dugaan pelanggaran.

Mengacu keterangan ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, ruang “Pojok Pengawasan” ini diibaratkan sebagai laboratorium, atau warung kopi cangkrukan jagong pemilu, atau bisa juga diibaratkan sebagai perpustakaan pengawasan pemilu. Tempat ini terbuka untuk umum, sehingga siapa saja bisa datang ke tenpat ini, baik untuk sekedar mengetahui informasi pengawasan maupun untuk meporkan temuan.

Lebih lanjut Rokhani menyampaikan, di pojok pengawasan ini sudah disediakan berbagai perlengkapan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi seputar pengawasan pemilu. Beberapa diantaranya seperti buku buku terkait pengawasan Pemilu, Komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet, Info grafis dan perlengkapan lainnya.

Rokhani juga menambahkan, untuk proses pelaporan dugaan pelanggaran pemilu, selain bisa dilakukan melalui fasilitas yang ada di Pojok Pengawasan ini, juga bisa dilakukan secara online, yaitu dengan cara mengirim identitas pelapor beserta bukti bukti dugaan pelanggaran melalui email Bawaslu Trenggalek. Kemudian laporan itu akan di periksa kelayakannya, jika sudah sesuai, maka akan segera ditindaklanjuti. Namun. Jika tidak memenuhi ungsur dugaan pelanggaran, maka laporan tersebut akan dijadikan sebagai info awal Bawaslu.