Beranda NEWS MOMENT Coklit Data Pemilih Pilkada 2020, Rumdin Bupati Trenggalek Turut Menjadi Sasaran Petugas

Coklit Data Pemilih Pilkada 2020, Rumdin Bupati Trenggalek Turut Menjadi Sasaran Petugas

131

TRENGGALEK, bioztv.id – Pada masa New Normal ditengah pandemic corona, tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Trenggalek 2020 terus dilkukan secara door to door. Selain sudah menyasar rumah rumah warga yang ada di pelosok, Coklit ini juga sudah menyasar rumah dinas Bupati Trenggalek.

Mengacu keterangan Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, tahapan coklit ini merupakan kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), tahapan ini dilakukan dengan cara menemui langsung calon pemilih di rumahnya masing masing atau door to door. Coklit ini sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu dengan jumlah  PPDP 1550 orang. Sehingga setiap 1 TPS  ada 1 orang petugas coklit.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, juga menerangkan,  dengan adanya penundaan pilkada yang seharusnya di lakukan di bulan September, dan akhirnya di selenggarakan Desember, pihaknya menilai pasti akan ada perubahan pemilih, baik berkurang ataupun bertambah. Dengan adanya coklit ini pihaknya juga berharap nantinya data pemilih bisa lebih akurat. Sehingga seluruh warga yang memiliki hak pilih bisa terdata dan bisa menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU juga Menjelaskan, semua petugas yang melakukan coklit diwajibkan menerapkan protokol covid, sehingga semua petugas wajib menggunakan masker, menggunakan pelindung wajah atau faceshield, memakai sarung tangan, dan wajib menjaga jarak ketika berkunjung ke rumah-rumah warga untuk mendata.