Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pelaut Asal Trenggalek Menjadi Pasien Positif Corona Ke 39

Riwayat Pelaut Asal Trenggalek Menjadi Pasien Positif Corona Ke 39

390

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien positif corona ke 39, yang merupakan seorang pelaut, usia 48 tahun dari Desa Sumberingin Kecamatan Karangan.  DIduga terpapar virus corona saat berada di perjalanan dari Trenggalek ke Jakarta. Pasalnya, selama kontrak sekitar 8 bulan hanya berada di Laut, dan mengantongi hasil swab negatif.

Berdasarkan riwayat perjalanan pasien 39, Pada 1 Juni 2020, setelah kembali dari Jepang yang bersangkutan menjalani test swab dan mengikuti karantina di wisma atlit Jakarta. Pada 05 Juni 2020 Hasil swab keluar negatif dan Pasien 39 diperbolehkan pulang ke Trenggalek. Setelah sampai di Trenggalek melaksanakan isolasi mandiri di Rumah Kosong Desa Gondang Kecamatan Tugu. Kemudian pada 19 Juni  Isolasi mandiri selesai dan pasien 39 kembali ke rumahnya. Selama di rumah pekerjaannya adalah mengurus peternakan telur puyuh.

Dalam Pers Rilisnya, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dr.Murti Rukiyandari menyampaikan, pada 07 juli 2020 Pasien 39 bepergian ke Jakarta menggunakan transportasi umum berupa bus, untuk mengikuti medical check up dan swab dari perusahaannya. Kemudian pada 08 juli mengikuti medical check up dan swab. Pada 10 juli Hasil swab keluar, dan pasien 39 dinyatakan positif corona, Selanjutnya pasien 39 harus menjalani karantina di wisma atlit Jakarta.

dr.Murti juga menambahkan, pada 11 Juli 2020 Puksesmas karangan melakukan tracing dan melaksnakan rapid tes kepada 4 orang kontak erat dengan hasil non reaktif. Kesimpulan sementara yg didapatkan dari hasil tracing. Bahwa Pasien 39, kemungkinan terpapar virus saat perjalanan dari Trenggalek ke Jakarta dengan menggunakan Transportasi Umum.