Beranda NEWS MOMENT Bermain Meriam Bambu, Menjadi Ngabuburit Asyik Ala Pemuda Kelutan Trenggalek Saat Ramadhan

Bermain Meriam Bambu, Menjadi Ngabuburit Asyik Ala Pemuda Kelutan Trenggalek Saat Ramadhan

102
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada berbagai cara asyik menikmati ngabuburit saat bulan ramadahan, salah satunya yaitu dengan melestarikan permainan tradisional berupa meriam bambu. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pemuda yang ada di Kecamatan Trenggalek ini, Seperti apa keasyikannya, yuuk simak liputannya berikut ini.

Seperti inilah ngabuburit asyik ala pemuda Kelutan Kecamatan Trenggalek, dengan bermodal potongan bamboo, dan karbit, mereka tampak asyik bermain meriam bamboo di salah satu area persawahan yang ada di daerahnya.  Mereka memilih lokasi persawahan sebagai tempat bermain meriam bambu agar suaranya tidak mengganggu warga sekitar. Pasalnya, suara ledakan meriam bambu ini juga cukup keras. Namun dentuman yang keras bak meriam ini, justru menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka yang memainkannya.

Salah satu pemuda yang memainkan meriam bambu ini, Feri Pratama menyampaikan, menurutnya permainan meriam bambu ini cukup mengasyikkan. Terlebih untuk membuatnya juga cukup mudah, yaitu cukup menyediakan selonjor bambu jenis ori yang kemudian dipotong hingga beberapa bagian. Setelah itu dibuatkan lubang kecil di pangkal bambu untuk mengisi karbit. Kemudian meriam bambu bisa segera dimainkan.

Sementara itu pemuda lainnya, Abdul Khafit juga menyampaikan, agar permainan tradisional Mariam bambu ini tidak punah, menurutnya generasi muda sekarang juga harus bisa memainkann dan mau melestarikannya. Namun saat memainkannya juga harus tetap hati hati.

Khafit juga menambahkan, dirinya sudah sejak kecil ia memainkan meriam bambu ini. Permainan ini ia lakukan ketika memasuki bulan ramadan, setiap sore sambil menunggu adzan maghrib. Namun saat ini peminatnya sudah tak seramai dulu.