Beranda NEWS MOMENT Pahami, Seperti Ini Protokoler Pemakaman Jenazah Korban Covid19, Dipastikan Aman Bagi Lingkungan

Pahami, Seperti Ini Protokoler Pemakaman Jenazah Korban Covid19, Dipastikan Aman Bagi Lingkungan

116

TRENGGALEK, bioztv.id – Sesuai ketentuan dan ketetapan yang dikeluarkan kementerian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Proses pemakaman atau pemulasaran jenazah korban covid-19 dipastikan aman bagi petugas, lingkungan, hingga masyarakat sekitar. Seperti apa prosesnya, simak liputannya berikut ini.

Mengacu keterangan Humas RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek, sesuai ketetapan Kemenkes RI, untuk pemulasaran jenazah korban Covid-19, ada beberapa tahapan yang harus dilakui. Seperti halnya pasien tidak boleh diawetkan. Sementara itu sebelum diibungkus, jenazah tersebut harus dpastikan sudah suci dan bebas najis. Kemudian, sebelum dibungkus dengan kain kafan, jenazah harus dibungkus menggunakan plastik terlebih dahulu, selanjutnya, harus dipastikan tidak ada kebocoran, dan baru dibungkus dengan kai kafan yang pertama. Setelah itu jenazah dicek ulang dan harus dipastikan tidak bocor, dan dibungkus lagi menggunakan pembungkus jenazah.

Lebih lanjut Humas RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek, Sujiono menyampaikan, setelah proses mengkafani selesai dan dibungkus menggunakan pembungkus jenazah, kemudian dilakukan tayamum dan jenazah dimasukkan kedalam peti mati. Namun sebelum dimasukkan, terkebih dahulu peti tersebut disemprot menggunakan desinfektan. Selanjutnya dilakukan sholat jenazah. Untuk sholat jenazah ini bisa dilakukan saat di rumah sakit, ataupun setelah sampai di lokasi pemakaman.

Sujiono juga menambahkan, selama melakukan proses pemulasaran jenazah ini, petugas juga diwajibkan menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap sesuai protocol kesehatan. Baik mulai memakai APD, hingga proses pelepasannya juga harus sesuai protocol kesehatan. Sujiono juga memastikan, jenazah korban covid 19 yang sudah dilakukan pemakaman sesuai protocol kesehatan ini akan aman bagi petugas, lingkungan maupun masyarakat sekitar. Sehingga dimakamkan dimanapaun juga aman.