Beranda NEWS MOMENT Tinjau Kesiapan Pemanfaatan DD Untuk Pandemi Corona, DPRD Trenggalek Sidak Desa

Tinjau Kesiapan Pemanfaatan DD Untuk Pandemi Corona, DPRD Trenggalek Sidak Desa

93

TRENGGALEK, bioztv.id – Pastikan kesiapan desa dalam pemanfaatan dana desa untuk penanggulangan pandemic corona, Anggota DPRD Trenggalek mulai blusukan sidak ke desa desa. Hasilnya, sejumlah desa dinilai sudah siap, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperjelas, salah satunya yaitu terkait SOP lokasi karantina.

Berdasarkan hasil sidak DPRD Trenggalek ke desa desa, diketahui bahwa, mayoritas desa sudah melaksanakan kegiatan penanggulangan pandemi corona, baik melakui sosialisasi, hingga kegiatan upaya penanggulangan lainnya. Mereka juga sudah menyediakan tempat karantina bagi pemudik atau pendatang di masing masing desa.

Salah satu anggota DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, dari hasil peninjauannya di desa desa, pihaknya menilai masih ada yang perlu dipertegas. Salah satunya yaitu terkait standart operasional (SOP) lokasi karantina. Pasalnya, saat ini SOP tempat tersebut belum jelas, mana yang menjadi wewenang pemerintah daerah, dan mana yang seharusnya ditangani oleh pemerintah desa.

Selain itu DPRD Trenggalek juga menakankan agar nantinya proses pemberian BLT yang bersumber dari dana desa bisa tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan program serupa, yang bersumber dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun program dari pemerintah pusat.  Pasalnya saat ini pemerintah daerah hingga pemerintah pusat juga memiliki program serupa, sebagai kepedulian pemerintah terhadap dampak pandemi corona yang terjadi saat ini.