Beranda NEWS MOMENT Dampak Corona Saat Ramadhan, Di Trenggalek Buka Bersama & Terawih Di Masjid...

Dampak Corona Saat Ramadhan, Di Trenggalek Buka Bersama & Terawih Di Masjid Beresiko Dilarang

115
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Dampak pandemi corona saat bulan ramadhan, Majelis ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Trenggalek dan pemerintah daerah akan melarang sejumlah kegiatan. Beberapa diantara yaitu terkait larangan sholat terawih dilokasi tertentu, larangan bagi bagi takjil, hingga larangan kegiatan buka bersama.

Sesuai hasil rapat bersama pemerintah daerah dan MUI Kabupaten Trenggalek, Untuk pelaksanaan ibadah pada bulan suci ramadhan tahun 2020 ini ada sejumlah pembatasan. Seperti halnya akan meniadakan salat tarawih di masjid yang ada di daerah risiko penyebaran Covid-19 tinggi. Namun, untuk masjid / mushola di daerah dengan risiko penyebaran rendah, bisa tetap menggelar terawih dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan. Selian itu pemkab juga melarang adanya buka bersama dan pembagian takjil, karena kegiatan tersebut akan melibatkan banyak orang. Aturan ini berlaku umum bagi warga maupun instansi pemerintahan. Buka bersama yang diperbolehkan hanya dilakukan oleh satu keluarga inti. Jika lebih dari itu akan dibubarkan oleh tim gabungan.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Untuk menentukan masjid mana boleh digunakan terwaih atau tidak, Pihaknya akan segera mengumumkan daerah dengan tingkat risiko tinggi dan rendah. Penentuan tingkat risiko itu berdasrakan jumlah pemudik, Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ada di sana. Data tersebut akan diserahkan ke takmir masjid yang ada di Trenggalek.

Perlu dketahui bahwa, Keputusan pembatasan sejumlah kegiatan pada bulan ramadhan ini sudah merujuk pada fatwa MUI pusat dan MUI Provinsi Jatim. Kemudian MUI Kabupaten Trenggalek telah memberikan surat edaran kepada MUI di Kecamatan se-Trenggalek. Diharapkan takmir di masjid yang diizinkan menggelar ibadah bersama agar mengecek para jamaah secara teliti.