Beranda NEWS MOMENT Perubahan RTRW, Pansus 1 DPRD Trenggalek Temukan Sejumlah Lokasi Usaha Tidak Sesuai...

Perubahan RTRW, Pansus 1 DPRD Trenggalek Temukan Sejumlah Lokasi Usaha Tidak Sesuai Peruntukan

111

TRENGGALEK, bioztv.id – Sidak lokasi untuk meninjau kesesuaian perubahan recana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek, Pansus 1 temukan sejumlah lokasi kegiatan usaha yang sudah tidak sesuai dengan peruntukannya. Sehingga kegiatan usaha tersebut nantinya harus pindah ke lokasi lain sesuai RTRW.

Untuk melanjutkan pembahasan perubahan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), pansus 1 DPRD Trenggalek  terus kebut pembahasan, baik membahas draft yang ada, maupun kesesuaian draft dengan kondisi dilapangan. Sehingga pansus 1 juga harus melakukan sidak langsung dilapangan, dan meninjau sejumlah kegiatan usaha maupun pembangunan, untuk ditinjau kesesuaian peruntukannya.

Menanggapi hal ini ketua pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Pihaknya juga telah melakukan cek di beberapa titik, seperti pada lokasi usaha stone crusher. Dimana pihak pengusaha stone crusher kemarin sudah berproses izin, namun karena lokasi tersebut menurut RTRW lama diperuntukkan sebagai lahan irigasi maka izinnya tidak bisa dikeluarkan. Selain itu untuk kegiatan usaha penampungan tanah yang ada di dekat jembatan Gondang Kecamatan Tugu, juga pernah mengajukan izin namun tidak diperbolehkan. Pasalnya, kegiatan usaha tersebut berada di badan sungai.

Sukarudin juga menambahkan, untuk memastikan kesesuai RTRW dan kondisi dilapangan, pihaknya menekankan agar jangan sampai ada kawasan yang pada rencana draf RTRW tidak diperuntukkan untuk industri ternyata lokasi dimaksud sudah ada embrio industri. Sehingga dalam pembahasan tersebut memang diharuskan tahu apa yang ada pada draf dan yang terjadi di lapangan.