Beranda NEWS MOMENT Hasil Swab 3 OTG Asal Durenan Belum Keluar, Lingkungan Sekitar Ditetapkan Zona...

Hasil Swab 3 OTG Asal Durenan Belum Keluar, Lingkungan Sekitar Ditetapkan Zona Physical Distancing

109

TRENGGALEK, bioztv.id – Hasil swab 3 orang tanpa gejala (OTG) dari kluster pasien terkonfirmasi positif Tulungagung hingga saat ini belum keluar, Bupati Trenggalek meminta agar tiga pilar tingkat kecamatan menetapkan zona Physical Distancing dilingkungan area OTG. Penetapan tersebut dilakukan hingga hasil swab testnya keluar.

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, saat ini perkembangan OTG didaerahnya secara kumulatif mencapai 21 OTG yang teridentifikasi.  Dari kluster pasien 01 sudah dinyatakan swab negatif, dari kluster haji dinyatakan swab negative. Sedangkan dari kluster pasien terkonfirmasi positif Tulungagung, ada OTG kontak erat di Kecamatan Durenan sebanyak 3 orang yang saat ini sedang menunggu hasil swab.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Saat ini pihaknya sudah perintahkan agar 3 pilar kecamatan serta gugus tugas desa setempat menetapkan zona physical distancing diarea sekitar OTG tersebut, hingga hasil swab keluar dan dinyatakan negatif. Adapun hal yang dilakukan di zona physical distancing tersebut adalah, Pertama,) mengalihkan jalur agar mengurangi mobilitas dan resiko penyebaran penyakit. Kedua, melakukan disinfeksi berkala. Ketiga, semua orang wajib memakai masker dan, Keempat, menunjuk penghubung bagi keluarga OTG dan membantu kebutuhan pokok KK dikawasan zona physical distancing.

Bupati juga menambahkan, Saat ini pihaknya juga mengharapkan informasi dari masyarakat terkait dengan keberadaan santri dari Pondok Temboro Mageta. Bagi masyarakat yang mengetahuinya diharapkan untuk menghubungi call center 0822 333 43 800 atau 0811 3606 119 agar dapat dilakukan tracing oleh tim gugus tugas penanganan covid-19.