Beranda NEWS MOMENT Olahan Bunga Durian & Berbagai Jenis Makanan Diadu Dalam Festival Makanan Trenggalek

Olahan Bunga Durian & Berbagai Jenis Makanan Diadu Dalam Festival Makanan Trenggalek

363

TRENGGALEK, bioztv.id – Berbagai jenis makanan dan minuman di lombakan dalam festival makanan khas Trenggalek. Beberapa diantaraya adalah olahan bunga durian, olahan hasil laut, dan berbagai olahan makanan dan minuman lainnya. Festival ini juga diikuti oleh sejumlah rumah makan & Restoran yang ada di Trenggalek.

Sedikitnya ada 20 peserta yang mengikti Festival Makanan Khas Trenggalek ini. Dari jumlah tersebut, dipilih lima peserta dengan hasil makanan terbaik. Ada berbagai sajian kuliner khas yang dimunculkan oleh para pemenang tersebut, salah satunya yaitu dari Catering Durensari Watulimo,  mereka  mengolah bunga durian untuk jadi sajian menarik. bunga dari buah berbau tajam tersebut dimasak jadi rempeyek dan ongseng-ongseng.

Salah satu peserta dari Kecamatan Watulimo , Mukhosin, mengatakan, di sana (watulimo) kebetulan sedang musim durian jadi  kami manfaatkan bunganya. Selain itu,  catering tersebut juga menghadirkan berbagai olahan ikan. Makanan-makanan khas itu biasanya disajikan kepada tamu wisatawan yang hadir, Karena,  Durensari sendiri merupakan adalah kelompok sadar wisata di Desa Sawahan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan,  peserta terbaik itu dipilih berdasarkan kualitas bahan,  teknik pengolahan,  dan hasil. Penilaian dilakukan oleh tiga juri profesional yang berasal dari Surabaya dan Trenggalek.

Sunyoto juga menyampaikan, untuk lima sajian kuliner yang dinobatkan sebagai pemenang makanan terbaik adalah Rumah Makan Malidi 2,  Catering Durensari Watulimo,  Depot Moro Kerso Munjungan,  Hotel Hayam Wuruk,  Anita Dw Catering Durenan,  dan Rumah Makan Lodho Pak Yusuf. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan aneka kuliner di Trenggalek menjadi lebih baik lagi.