Beranda NEWS MOMENT Pemuda Dari Aceh Hingga Papua Kibarkan Merah Putih Di Gunung Sepikul Trenggalek

Pemuda Dari Aceh Hingga Papua Kibarkan Merah Putih Di Gunung Sepikul Trenggalek

307

TRENGGALEK, bioztv.id – Peringati hari sumpah pemuda, 9 pemuda perwakilan dari Aceh hingga Papua kibarkan bendera merah putih raksasa di gunung sepikul Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. , bendera tersebut berukuran 30 meter x 20 meter, dan dikibatkan di ketinggian sekitar 350 meter.

Menurut keterangan ketua Panitia, Khairul Fuadi menyampaikan, Pengibaran bendera di tebing sepikul,  Desa Watuagung,  Kecamatan Watulimo,  Trenggalek ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat,  dan berbagai organisasi kepemudaan perwakilan seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh,  Padang,  Yogjakarta,  Ponorogo,  Pacitan,  Sumba,  Kendiri,  hingga Papua,

Sementara itu Komandan korem 081 dirotsahajaya,  kolonel inf masduki,  selaku inspektur upacara,  mengatakan peringatan sumpah pemuda ke-91 ini menjadi momen bagi para pemuda dan elemen bangsa untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Menurutnya,  tebing sepikul yang tinggi dan kokoh menjadi satu perlambang kekuatan anak bangsa untuk menopang bendera merah putih.

Sedangkan staf ahli sosial budaya setjen dewan pertahanan nasional,  mayjen TNI Isaac Marcus Pattipeilohy, juga turut mengapresisasi kegiatan peringatan sumpah pemuda yang dilakukan para pemuda khususnya pemanjat tebing di gunung sepikul ini.

Perlu diketahui bahwa, gunung sepikul dipilih menjadi lokasi pengibaran bendera raksasa karena merupakan tebing batu tertinggi di pulau jawa. selain itu lokasi tersebut juga sering dijadikan tempat kegiatan para pemanjat profesional. Mereka harus bersusah payah mengerek bendera dari titik peristirahatan ke titik yang diinginkan. kencangnya angin di atas tebing membuat para pemanjat kewalahan,  sehingga bendera raksasa tersebut tidak dapat terbentang dengan sempurna.