Beranda NEWS MOMENT Kekeringan, Bantuan Air Bersih Di Dongko Trenggalek Hanya Mampu Untuk Masak &...

Kekeringan, Bantuan Air Bersih Di Dongko Trenggalek Hanya Mampu Untuk Masak & Air Minum

310

TRENGGALEK, bioztv.id – Bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di Desa Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek ternyata hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak saja. Sementara itu untuk mencuci dan mandi, warga harus mencari sumber air yang ada di tepi hutan.

Menurut keterangan salah satu warga Cakul, Heru menyampaikan, bantuan kiriman air bersih di daerahnya ini tidak setiap hari ada, sementara itu warga yang membutuhkan cukup banyak, sehingga air tersebut hanya mampu untuk memenuhi air minum dan memasak saja. Sedangkan untuk mandi dan mencuci warga harus mencari sumber air yang ada di tepi hutan dengan jarak tempuh sekitar 3 Kimometer. Untuk mendapatkan air tersebut warga juga harus antri dan bergantian dengan wraga lainnya.

Saat meninjau langsung proses distribusi air bersih ini, Bupati Trenggalek Mocahamad Nur Arifin menyampaikan, untuk disribusi air bersih pihak BPBD Trenggalek telah bekerjasama dengan PDAM, dan sudah mengerahkan semua armadanya, selain itu sejumlah mobil Patroli Polisi juga rela dimodifikasi untuk turut membantu distribusi air bersih.

Sementara itu Kapolres Trenggalek, AKBP.Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, Polisi memang  turut adil dalam pendstribusian air bersih ini, karena selain untuk mengirim air bersih, juga sekalian berpatroli untuk menciptakan suasana yang kondusifitas.

Perlu diketahui bahwa, hingga akhir bulan oktober ini sedikitnya sudah ada 52 desa yang tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Trenggalek mengalami bencana kekeringan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, Sejumlah warga yang terdampak kekeringan tersebut hanya bisa mengandalkan bantuan air bersih dari donator maupun pemerintah, dan sisa sumber air yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya.