Beranda NEWS KRIMINAL Pembobol Puluhan ATM Bank Jatim Diduga Memanfaatkan Kelemahan Sistem Hardware

Pembobol Puluhan ATM Bank Jatim Diduga Memanfaatkan Kelemahan Sistem Hardware

687

TRENGGALEK, bioztv.id – 4 Komplotan pembobol Puluhan ATM Bank Jatim yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota se Jawa Timur diduga memanfatkan kelemahan system hardware yang terhubung dengan mesin ATM. Pasalya, dari beberapa kasus yang ada, pelaku hanya mengincar ATM yang sama dengan modus yang juga sama.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan satreskrim Polres Trenggalek, serta rekaman CCTV yang ada, Pembobolan puluhan ATM Bank Jatim yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota ini dilakukan oleh modusnya sama, yakni memutuskan arus listrik saat mesin ATM digunakan, selanjutnya pelaku mencongkel uang yang ada di mulut ATM. Proses pemutusan arus listrik ke ATM ini dilakukan oleh pelaku dengan cukup mudah, karena saklar power listrik dan UPS letaknya terlau mudah untuk dibobol.

Menanggapi hal ini Kepala  cabang Bank Jatim Trenggalek, Ari Hernawan menerangkan, pihaknya membenarkan jika masih ada kelemahan pada hardware yang terhubung dengan mesin ATM Bank Jatim, Sehingga dimanfaatkan pelaku untuk membobol ATM. Sehingga kedepannya system tersebut akan diperbaikai agar aman dari pencurian.

Sebelumnya diketahui bahwa, pada 2 Februari kemarin sedikitnya ada 3 ATM Bank Jatim di Trenggalek yang di bobol maling, ketiga ATM tersebut berada di Kecamatan Durenan, Seputaran Alun Alun Trenggalek dan di Kecamatan Pule, namun dari upaya pembobolan ATM di Kecamatan Durenan gagal, sedang yang ada di dua tempat lainnya berhasil dibobol. Selain beraksi di Trenggalek, pelaku diketahui juga melakukan aksi yang sama di puluhan kabupaten & Kota se Jawa Timur.