Beranda NEWS MOMENT Bawaslu Trenggalek Pertanyakan Status PPS dan PPK, Tahu Kenapa ?

Bawaslu Trenggalek Pertanyakan Status PPS dan PPK, Tahu Kenapa ?

430

TRENGGALEK, bioztv.id – Badan pengawas pemilu (bawaslu) Kabupaten Trenggalek pertanyakan status para anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS),  Pasalnya, berdasarkan temuannya di lapangan,  kontrak kerja mereka telah habis dan belum diperpanjang. sedangkan saat ini mereka dipekerjakan untuk kepentingan tahapan pemilu 2019.

Temuan kejadian habisnya masa kontrak kerja PPS dan PPK tersebut diketahui setelah menerima laporan dari sejumlah angota P-P-S dan -P-P-K di Trenggalek, yang mengaku kontrak kerja mereka telah habis pada akhir oktober lalu. sedangkan saat ini mereka mengaku belum mendapatkan perpanjangan kontrak.

Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek,  Rokhani menerangkan,  dari keluhan tersebut bawaslu melakukan kroscek di lapangan,  hasilnya bawahan dari K-P-U Kabupaten Trenggalek tersebut memang belum menerima S-K perpanjangan. Sementara itu saat ini mereka tetap dipekerjakan untuk mengurusi  tahapan pemilu tahun 2019. Sementara itu apabila status kontrak tidak jelas,  maka keabsahan dalam menjalankan tugas diduga akan mengalami cacat hukum.

Sementara itu komisoner Kpu Trenggalek Nurani Soyomukti menjelaskan, untuk saat ini seluruh Pps dan Ppk di wilayahnya telah dilakukan perpanjangan kontrak kerja. proses ini sesuai dengan surat edaran dari KPU RI terkait perubahan tahapan pemilu. Sedangkan untuk kejadian beberapa waktu lalu, pihaknya juga mengakui belum bisa mengeluarkan perpanjangn kontrak kerja,  karena belum ada petunjuk teknis dari K-P-U pusat.

Perpanjangan kontrak kerja para penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kecamatan tersebut dilakukan satu bulan  ke depan . k-p-u memastikan molornya pemberian perpanjangan kontrak tidak akan berdampak pada persoalan hukum,  karena belum ada keputusan krusial yang diambil.