Beranda NEWS MOMENT Kemarau Panjang, Sumber Air PDAM Trenggalek Mengering, Bagaimana Nasib Pelanggan ?

Kemarau Panjang, Sumber Air PDAM Trenggalek Mengering, Bagaimana Nasib Pelanggan ?

683

TRENGGALEK, bioztv.id – Musim kemarau terus berkepanjangan, membuat sejumlah sumber air di Kabupaten Trenggalek mengering, bahkan dua sumber air yang diambil oleh Perusahaan air Minum Daerah (PDAM) Trenggalek juga ikut mengering. Akibatnya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga juga terganggu.

Berdasarkan keterangan Kepala bidang tekhnik PDAM Trenggalek, pada musim kemarau kali ini produksi air PDAM mengalami penurunan yang cukup banyak, pasalnya sejumlah sumber air bersih yang digunakan sebagai bahan produksi, saat ini kondisinya sudah mengecil, bahkan dua sumber air yang ada di kecamatan Dongko saat ini kondisinya juga sudah mengering.

Lebih lanjut Kepala bidang teknik PDAM Trenggalek,  Sudarmo menerangkan, untuk memenuhi kebutuhan warga yang ada di kawasan Kecamatan Dongko,  petugas PDAM akhirnya mengirimkan air bersih menggunakan mobil tangki yang dipasok dari Kecamatan Panggul, proses pengiriman dilakukan sesuai dengan kebutuhan minimal rumah tangga.

Perlu diketahui bahwa, ,  saat ini PDAM Trenggalek memiliki 30 titik pengambilan bahan baku air bersih berupa mata air,  sungai hingga sumur bor. jumlah instalasi yang sudah terpasang bisa menghasilkan air sejumlah 645 liter per detik,  namun saat musim kemarau ini produksinya mengalami penurunan yang cukup tajam, dan hanya mampu memproduksi air sejumlah361 liter per detik.