Terus Meluas, Bencana Kekeringan DI Trenggalek Merambah Hingga Kawasan Kota

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Bencana kekeringan di Kabupaten Trenggalek terus terusan meluas, kekeringan yang sebelumnya hanya terkadi di kawasan pelosok dan pegunungan, saat ini sudah merambah hingga kawasan Kecamatan Trenggalek. Sementara itu instalasi saluran air PDAM juga belum terpasang didaerah ini.

Salah satu desa di Kecamatan Trenggalek yang saat ini mengalami kekeringan adalah Desa Karangsoko, sedikitnya ada 3 RT di Desa ini yang mengalami kekeringan ke tiga RT Tersebut berada di Dusun Sukorejo Desa Karangsoko.

Salah satu Perangkat desa, Catur Winarno, mengatakan, sudah 3 bulan ini warga di desanya mengalami kekeringan, air yang ada di sumur sumur milik warga sudah tidak bisa untuk mencukupi kebutuhannya sehari hari.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, mengatakan, untuk penanganan permasalahan kekeringan di daerah perkotaan dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan yang ada di pelosok. Pasalnya dengan akses yang tidak jauh dari pusat kota, dinilai akan mempermudah pendistribusian air bersih.

Perlu diketahui bahwa, terus meluasnya daerah yang mengalami kekerigan dan terbatasnya tangki air bersih milik pemerintah, diduga akan berdampak terhadap rutinitas pendistribusian air minum dalam setiap harinya, sementara itu warga yang mengalami kekeringan juga harus memenuhi kebutuhan air bersihnya setiap hari.