Beranda NEWS MOMENT Penemuan Arca Dewa Brahma & Situs Bangunan Kuno Gegerkan Warga Trenggalek

Penemuan Arca Dewa Brahma & Situs Bangunan Kuno Gegerkan Warga Trenggalek

1381

TRENGGALEK, bioztv.id – Warga Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur digegerkan dengan penemuan dua arca dan beberapa benda peninggalan bersejarah lainnya. Benda benda tersebut ditemukan oleh salah satu warga di depan rumahnya saat hendak bersih bersih disekitar rumah.

Arca dan Struktur Bangunan kuno yang terpendam ini pertama kali ditemukan oleh saifudin, warga Desa Gondang, Kecamatan Tugu. Dua arca tersebut diketahui merupakan jenis arca dewa brahma dan arca nandi. Benda benda bersejarah tersebut diduga merupakan peninggalan pada masa kerajaan majapahit.

Menanggapi penemuannya ini, Saifudin menerangkan, bahwa, saat pertama kali ditemukan arca tersebut dalam keadaan tertimbun tanah sedalam 30 centimeter dengan posisi menghadap ke barat. Penemuan tersebut berawal saat dirinya menggali tanah didepan rumahnya dan tak sengaja mengenai benda keras. Setelah dilanjutkan penggalian ternyata ditemukan sebuah arca berukuran 60 centimeter.

Pasca ditemukan arca dan situs bangunan kuno didepan rumah saifudin tersebut, hingga saat ini rumah saifudin ramai dikunjungi warga yang penasaran ingin melihat langsung wujud arca dan jejak situs bangunan kuno yang terpendam.