Beranda NEWS MOMENT Miris, Ternyata Cakupan Air Bersih & Sanitasi Di Trenggalek Sangat Minim

Miris, Ternyata Cakupan Air Bersih & Sanitasi Di Trenggalek Sangat Minim

456

TRENGGALEK, bioztv.id – Cakupan air bersih dan sanitasi di Kabupaten Trenggalek hingga tahun 2018 ini ternyata masih cukup minim, berdasarkan data yang ada, cakupan air berseih di trenggalek saat ini masih berkisar antara 46% hingga 50%. Akibatnya, untuk mewujudkan sanitasi yang baik bagi warga juga belum bisa terpenuhi secara maksimal.

Mengingat masih minimnya cakupan air bersih dan sanitasi di Kabupaten Trenggalek saat ini, untuk mewujudkan terpenuhinya hal tersebut, PLT Bupati Trenggalek menekankan agar dinas terkait meningkatkan anggaran untuk pengadaan air bersih di desa desa, Sementara itu salah satu sumber dana selain dari APBD, kedepannya juga menggunakan dana CSR untuk pengadaan dan peningkatan air bersih di desa desa.

Lebih lanjut PLT Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin juga menjelaskan, Bahwa berdasarkan target presiden secara nasional pada tahun 2019 nanti ditargetkan sanitasi harus sudah baik, namun untuk di Trenggalek masih perlu perjuangan yang keras, karena cakupan air bersihnya saja masih berkisar antara 46% hingga 50%.

Salah satu upaya pemenuhan cakupan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat yang dilakukan pemerintah Kabupaten Trenggalek saat ini, yaitu dengan cara pemerataan program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), bagi desa desa yang kondisinya minim air bersih dan kondisi sanitasinya masih belum  baik.