Beranda NEWS MOMENT PLT Bupati Trenggalek Sarankan Desa Kelola Unit Usaha Penyedia Air Bersih

PLT Bupati Trenggalek Sarankan Desa Kelola Unit Usaha Penyedia Air Bersih

327

TRENGGALEK, bioztv.id – PLT Bupati Trenggalek sarankan pemerintah Desa mempunyai unit usaha yang mengelola ketersediaan air bersih mirip seperti PDAM namun berbasis desa dan di kelola secara mandiri oleh pemerintah desa bersama warga. Dengan demikian ketersediaan air bersih di desa bisa terawatt dan terus terpenuhi.

Mengingat sudah adanya program ketersediaan air bersih dari pemerintah daerah mupun dari pemerintah pusat yang masuk ke Desa Desa, seperti halnay Pamsimas ataupun program pengadaan air bersih lainnya, PLT Bupati Trenggalek menyarankan pemerintah desa mampu mengelola air bersih tersebut sebagai unit usaha, sehingga pengurusan dan perawatan sarana air bersih saat ada kerusakan bisa segera teratasi tanpa harus menunggu kucuran program baru dari pemerintah daerah.

Lebih lanjut PLT Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Dengan dibentukany unit usaha pengelola air bersih di desa tersebut, diharapkan nantinya desa menjadi lebih mandiri. Dengan demikian bantuan air bersih dari pemerintah daerah ataupun dari pemerintah pusat tersebut tidak mangkrak saat terjadi kerusakan.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini sedikitnya sudah ada sekitar 90 desa se Kabupaten Trenggalek yang mendapat bantuan program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Jika bantuan seperti halnya Pamsimas tersebut tidak dikelola dengan baik oleh desa melalui unit usaha khusus di Desa, dikhawatirkan bantuan tersebut tidak terawatt dan akan mangkrak saat mulai terjadi kerusakan.